Mengenal Algoritma Dasar Rubik's Cube
Bukan bermaksud sok pintar...tapi maksud ane baik...bagi yang merasa kesulitan dan belum dapat memecahkan cara menyusun rubik's...saya akan berbagi algoritma dasar dan lanjutan untuk menyelasaikannya...semoga apa yang kutulis di Blog ini bermanfa'at....
ALGORITMA DASAR RUBIK'S CUBE 3X3X3
Pertama
Tentukan warna layer yang akan dijadikan dasar untuk penyusunan awal, biasanya kebnyakan orang menggunakan warna PUTIH, atau HITAM kalau ga ada warna putih. Selanjutnya buatlah CROSS dari warna tersebut dengan membentuk tanda PLUS (+)...lihat contoh gambar..
Ok...untuk selanjutnya layer yang sudah membentuk Plus (+) tadi balikan sehingga posisinya berada dibawah. Dan untuk berikutnya kenali dulu istilah berikut ini untuk memudahkan gerakan putaran pada layer.
R = RIGHT (Kanan)
L = LEFT ( Kiri )
U = UP (Atas)
B = BACK (Belakang)
D = DOWN (Bawah)
M = MIDLE (Tengah)
Dalam proses melakukan putaran layer sesuai dengan arah jarum jam, dan apabila putaran bersebrangan arah jarum jam akan ditulis pake tanda ( ' ). contoh melakukan putaran layer :
L U R U2
artinya : memutar searah jarum jam pada layer KIRI 1x, ATAS 1x, KANAN 1x dan ATAS 2x
contoh berikutnya:
L U R2 'U
artinya : memutar searah jarum jam pada layer KIRI 1x, ATAS 1x, KANAN 2x dan ATAS 1x diputar berlawanan dengan arah jarum jam (dibalik). Ok..semoga bisa dimengerti....
Langkah selanjutnya adalah menyusun corner (sudut) dari layer pertama yang sudah membentuk tanda Plus (+) tadi, dengan cara memperhatikan warna dari masing-masing corner.
Biar lebih jelas simak video berikut ini :

ALGORITMA DASAR RUBIK'S CUBE 3X3X3
Pertama
Tentukan warna layer yang akan dijadikan dasar untuk penyusunan awal, biasanya kebnyakan orang menggunakan warna PUTIH, atau HITAM kalau ga ada warna putih. Selanjutnya buatlah CROSS dari warna tersebut dengan membentuk tanda PLUS (+)...lihat contoh gambar..

R = RIGHT (Kanan)
L = LEFT ( Kiri )
U = UP (Atas)
B = BACK (Belakang)
D = DOWN (Bawah)
M = MIDLE (Tengah)
Dalam proses melakukan putaran layer sesuai dengan arah jarum jam, dan apabila putaran bersebrangan arah jarum jam akan ditulis pake tanda ( ' ). contoh melakukan putaran layer :
L U R U2
artinya : memutar searah jarum jam pada layer KIRI 1x, ATAS 1x, KANAN 1x dan ATAS 2x
contoh berikutnya:
L U R2 'U
artinya : memutar searah jarum jam pada layer KIRI 1x, ATAS 1x, KANAN 2x dan ATAS 1x diputar berlawanan dengan arah jarum jam (dibalik). Ok..semoga bisa dimengerti....
Langkah selanjutnya adalah menyusun corner (sudut) dari layer pertama yang sudah membentuk tanda Plus (+) tadi, dengan cara memperhatikan warna dari masing-masing corner.
Biar lebih jelas simak video berikut ini :