About Me

KALENDER

Internet Service Provider (ISP)


Untuk mengakses Internet, selain perangkat keras modem dan line telepon atau modem kabel, diperlukan jasa perusahaan yang memberikan jasa layanan akses Internet, yang disebut Internet Service Provider (ISP). ISP berperan memberikan jasa layanan Internet baik untuk personal maupun corporate (perusahaan), untuk komputer pribadi maupun perusahaan.

Berdasarkan sifatnya ISP dibagi menjadi dua :

1. ISP tertutup
ISP tertutup adalah ISP yang memberikan layanan akses Internet hanya pada jaringan lokal dalam lembaga yang bersangkutan. Misalnya ISP pada Universitas Brawijaya dan Universitas Indonesia.

2. ISP terbuka
ISP terbuka ialah ISP yang memberikan layanan akses Internet untuk masyarakat luas. Misalnya ISP Telkom, CBN, dan Indosatnet yang memberikan layanan akses Internet bagi instansi pemerintah, swasta, dan personal. seprti halnya Internet yang banyak kita pakai saat berupa ISP terbuka.


ISP MENENTUKAN BIAYA INTERNET

Untuk dapat mengakses Internet dibtuhkan biaya, sistem biaya akses Internet yang ditawarkan ISP bervariasi. Sistem perhitungan biaya berlangganan akses Internet melalui ISP dibagi menjadi tiga katagori, yaitu :

1. Volume Based
Volume Based adalah biaya akses Internet yang bergantung pada jumlah data yang diambil (download) dari Internet. Volume Base digunakan pada akses Internet melalui operator seluler berbasis GSM (Global System for Mobile Communication) dengan teknologi GPRS (General Packet Radio Service) dan telepon seluler WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access) dengan teknologi 3G. Volume Based baik digunakan untuk pengambilan data bberupa teks.

2. Time Based
Time Based adalah perhitungan biaya akses Internet yang bergantung pada waktu yang digunakan dalam mengakses Internet. Umumnya layanan ini diberikan/diguanakan pada line telepon rumah atau perkantoran. time Based baik digunakan untuk pengambilan gambar, lagu, video, dari Internet.

3. Flat Rate Unlimited
Flat rate adalah perhitungan biaya akses Internet yang tidak bergantung pada jumlah data yang diambil atau waktu akses Internet. Flat rate menggunakan biaya yang tetap setiap bulannya pada pengguna. tanpa dibatasi jumlah data yang diambil (download), dikirim (upload), atau waktu yang digunakan. layanan ini dapat mengguanakan saluran line telepon, TV kabel, dan GPRS.