About Me

KALENDER

Layanan World Wide Web


Pengertian dan Prinsip Kerja www

World Wide Web atau sering disebut web merupakan jaringan informasi yang saling terhubung dan tersebar diseluruh dunia pada jaringan Internet. Jaringan informasi ini disebut web karena dibentuk oleh kumpulan dokumen yang tersebar diberbagai komputer diseluruh dunia dan saling terhubung sehingga menyerupai sarang laba-laba(web).

WWW berbeda dengan Internet, Internet merupakan kumpulan jaringan komputer diseluruh dunia yang saling terhubung. Internet merupakan media yang menghubungkan semua informasi di web. Semua informasi web dapat di akses melalui Internet. Dengan demikian web memerlukan Interneet. Disisi lain kemajuan teknologi web juga menjadi motor penggerak kemajuan Internet, bahkan Internet menjadi popular setelah ditemukan Teknologi web.

Web menyediakan sarana untuk mengakses kumpulan informasi dalam bentuk teks (tulisan), gambar/grafik, audio, video, animasi dan sebagainya. Web dibangun dengan menggunakan kosep hypertext untuk mengaitkan sebuah dokumen dengan dokumen lain. Dalam konsep hypertext informasi disimpan dalam serangkaian dokumen atau file. Dokumen dapat saling terhubung oleh hyperlink. Suatu hyperlink digunakan untuk mengaitkan sebuah informasi (kata, gambar, istilah, nama dan sebagainya) dengan bagian lain didalam dokumen yang sama, atau dengan dokumen lain pada komputer lain yang ada di Internet. Jika hyperlink diklik maka akan berpindah pada informasi yang terkait.

Dengan adanya hypertext dan hyperlink, informasi di web dibaca secara non-linier, tidak seperti membaca buku yang harus halaman demi halaman , secara urut. Oleh sebab itu istilah yang digunakan untuk mengakses web disebut "surfing" atau "browsing".

Dari uraian diatas dapat disimpulkan, web mempunyai dua ciri utama yaitu : terdiri atas kumpulan informasi multimedia dan setiap informasi saling dihubungkan oleh hyperlink (link-link hypertext).

a. Informasi Berbasis Multimedia

Elemen multimedia menjadikan web menarik secara grafis. Kita dapat membaca koran, mendengarkan musik, siaran radio, menonton siaran televisi dan lain-lain.

b. Pemakaian hypertext dan Hyperlink

Adanya Hyperlink menjadikan web dapat diakses secara non-linier, meloncat dari satu dokumen ke dokumen lain, dari stu lokasi ke lokasi lain. Format ata bahasa penyajian dokumen web disebut Hypertext Markup Language (HTML). HTML terdiri atas kumpulan perintah yang disebut "tag" atau "markup" untuk membuat struktur dokumen, memformat teks, dan mengaitkannya dengan dokumen lain. Hyperlink terbagi dua, yakni Hyperlink yang merujuk pada URL dalam situs web yang sama disebut internal hyperlink, sedangkan hyperlink yang merujuk pada URL dalam situs yang berbeda disebut external hyperlink.

Istilah-Istilah WEB

a. Halaman Web
Halaman web (Webpage) adalah sebuah dokumen atau file yang dapat diakses (dibaca) melalui web. Sebuah halaman web biasanya memuat kombinasi teks dan grafis termasuk video/animasi bahkan suara.

b. Browse
Browser adalah software aplikasi yang dapat menampilkan halaman-halaman web, membaca e-mail, membaca newsgroup, serta mengakses layanan Internet lainnya. Browse juga sering disebut web client.