About Me

KALENDER

Domain Name System (DNS)


Nama Domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer, seperti web server atau e-mail server di jaringan komputer ataupun Interenet. Sedanagkan kegunaan domain adalah untuk mempermudah pengguna di Internet (netter) untuk melakukan akses ke server yang dikunjungi, dibandingkan harus menmgenal deretan nomor atau kita kenal dengan IP (Internet Protocol)address. Nama domain juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs. Sebagai contoh : yahoo.comatau wikipedia.org.

Setiap komputer yang terhubung dengan jaringan Internet memiliki nomor unik sehingga dapat berkomunikasi antara satu dengan lainnya, yaitu yang desebut protokol TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol).  Nomor unik disusun atas 32 bit yang dibagi menjadi empat segmen, tiap segmen terdiri atas 8 bit yang dipisahkan oleh titik. Angka yang digunakan mulai 0.0.0.0 sampai dengan 255.2555.255.255. Jadi nomor unik tersedia sekitar 255x255x255x255 sama dengan 4.228.250.625. Untuk mengingat nomor unik tidaklah mudah, misalnya alamat IP untuk websitw www.google.com adalah 64.233.189.104 atau www.yahoo.com adalah 209.131.36.158. Untuk menggantikan nomor unik dibuatlah nama domain dengan tujuan untuk memudahkan pengguna (netter) dalam mengingat sebuah alamat komputer atau website ketimbang harus menghafalkan sejumlah nomor unik IP. (jadi pahamkan...kita akan lebih gampang menghafal nama ketimbang harus mengingat deretan angka). Berikut beberapa bagian Domain Name System :

A. Top Level Domain
Top Level Domain (TLD) adalah level domain yang terletak pada level satu. TLD dibagi menjadi dua kelompok yaitu :
  1. gTLD (generic Top Level Domain), yaitu domain terdiri atas berbagai jenis domain umum.
gTLD
Penggunaan
com
Komersial
net
Penyedia jasa jaringan
org
Organisasi non komersial
info
Situs informasi
biz
Bisnis
coop
Kalangan koperasi
aero
Maskapai penerbangan
museum
Museum atau pihak yang berkaitan dengan museum
name
Domain individu
pro
Kalangan propesional
edu
Lembaga pendidikan Amerika
gov
Pemerintahan
int
Organisasi international
mil
Kemiliteran Amerika Serikat
  1. ccTLD (country code Top Level Domain), yaitu domain yang digunakan berdasarkan geografis dari suatu negara.
ccTLD
Penggunaan
id
Indonesia
my
Malaysia
fr
Perancis
sg
Singapore
uk
Inggris
ru
Rusia
us
Amerika Serikat
jp
Jepang

B. Second Level Domain
Second Level Domain adalah nama domain Internet yang berada pada level kedua. misalnya sebuah domain www.yahoo.com, maka yang disebut dengan Second Level Domain adalah "yahoo". Di Indonesia, untuk Second Level Domain yang tergolong kepada country domain ditentukan dengan cara tertentu, misalnya domain www.smun47-jkt.sch.id, maka Second Level Domainnya adalah sch.id. Di Indonesia Second Level Domain terdiri dari :


SLD
Penggunaan
.co.id
Digunakan untuk badan usaha yang memiliki badan usaha yang sah. (SIUP,SITU DLL)
.go.id
Digunakan untuk lembaga pemerintah Indonesia, seperti depkominfo.go.id
.sch.id
Lembaga pendidikan tingkat sekolah, seperti TK, SD, SMP/MTs, SMA/MA
.mil.id
lembaga Militer Republik Indonesia
.or.id
Digunakan untuk berbagai jenis organisasi
.web.id
Badan usaha atau organisasi yang melakukan kegiatan dalam world wide web (www)


C. Third Level Domain

Third  Level Domain adalah domain yang ada pada level ketiga. Nama domain ini diletakan sebelum Second Level Domain. Misalnya : www.mail.yahoo.com, "mail" adalah domail level ketiga. Contoh lain www.sman47-jkt.sch.id, maka "sman47-jkt" adalah domain tingkat ke 3.