About Me

KALENDER

Jaringan Komputer (Computer Network)

Jaringan Komputer (Computer Network) adalah kumpulan dua komputer atau lebih yang dihubungkan, sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran data dari satu komputer ke komputer lainnya tanpa harus memindahkan media penyimpan data (storage).

Manfa'at adanya Jaringan Komputer
a. Pembagian Sumber atau Sharing Resource
b. Media Komunikasi
c. Integrasi Data
d. Keamanan Data
e. Efisiensi Sumber Daya

MACAM-MACAM JARINGAN KOMPUTER


1. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN) adalah sekumpulan komputer yang dihubungkan dalam sebuah ruangan tertentu. Sperti Lab. komputer di sekolah-sekolah, Perguruan Tinggi, Perkantoran.


2. Metropolitan Area Network (MAN)
MAN atau Metropolitan Area Network pada prinsipnya sama dengan LAN, hanya saja ukuran jaringannya lebih besar dibandingkan LAN. Jarak yang ditempuh oleh MAN ini berkisar antara 10-50KM. sangat cocok untuk membangun jaringan antarkantor yang letaknya berdekatan dalam kota yang sama.


3. WAN (Wide Area Network)
Adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang luas. Dengan jarak diatas 50Km ke atas, WAN dapat menghubungkan jaringan komputer antarpropinsi, antarnegara bahkan antarbenua. Salah satu tujuan lain pembuatan WAN adalah untuk penyediaan layanan e-mail, World Wide Web, dan transfer file. Dan dari WAN inilah lahir dunia baru yang disebut INTERNET.